Akreditasi Pendidikan Nonformal Dorong Penyiapan Tenaga Kerja Berkompetensi

Jakarta, Kemendikbud --- Pendidikan nonformal merupakan salah satu pencetak tenaga kerja terampil di samping pendidikan formal. Terampil atau tidaknya lulusan pendidikan nonformal dapat diukur dari kualitas institusi pendidikan yang disebut dengan akreditasi, dan dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Nonformal (BAN PNF).


Gratis! Ikuti Lokakarya Pelatihan Komik Strip di Museum Basoeki Abdullah

Jakarta, Kemendikbud --- Sekarang banyak kegiatan menarik yang diselenggarakan museum-museum di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda, untuk berkunjung ke museum. Kali ini Museum Basoeki Abdullah menyelenggarakan Lokakarya Pelatihan Komik Strip secara gratis untuk siswa SMA/SMK sederajat.


Peraturan Pemerintah tentang Museum Cantumkan Pelibatan Publik

Jakarta, Kemendikbud --- Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum memiliki bab khusus tentang peran serta masyarakat, yaitu di Bab X. Pencantuman tentang peran serta masyarakat dalam permuseuman ini sesuai dengan salah satu kerangka strategi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai pelibatan publik.


Mendikbud Tinjau Proyek Pembangunan SMP di Pesantren Modern Internasional Dea Malela

Sumbawa, Kemendikbud --- Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengupayakan pendidikan yang merata bagi anak-anak di seluruh pelosok negeri. Salah satunya adalah pembangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang rencananya dibangun di kawasan Pesantren Modern Internasional Dea Malela di Dusun Pamangong, Kecamatan Lenangguar, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.


Mendikbud Ajak Sekolah-Sekolah Lebih Melibatkan Orang Tua

Mataram, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak sekolah-sekolah lebih melibatkan peran orang tua dalam proses pendidikan. Selama ini, menurut Anies, ketika sekolah mengundang orang tua, persepsi yang muncul di benak para orang tua adalah terkait dengan sumbangan. Hal itu perlu diubah dan pelibatan orang tua harus ditingkatkan. Hal-hal tersebut diungkapkan Mendikbud di hadapan guru-guru dan kepala sekolah di Auditorium Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram, Senin (8/2/2016) kemarin.


VISI DAN MISI PDSPK


VISI

Menjadi unit kerja yang mampu menyelenggarakan layanan prima dalam penyediaan data dan produk-produk pendayagunaan data pendidikan.

MISI

Meningkatkan mutu data dan produk-produk pendayagunaan data pendidikan, untuk menjamin kepastian ketersediaan, kelengkapan dan keterjangkauan data yang AKURAT; TEPAT GUNA; dan TEPAT WAKTU.

SASARAN MUTU

Pada masa satu (1) tahun dari 1 April s.d. 31 Desember 2013, sasaran mutu Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan adalah:

  1. Tersedianya data referensi yang telah diverifikasi dan validasi mencapai 100 %
  2. Kepuasan pelayanan kepada pelanggan mencapai angka 3,5 dari skala 1-5
  3. Peningkatan jumlah sumber daya manusia yang dilatih kemampuan teknis minimal 30% per tahun.

KEBIJAKAN MUTU

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kemdikbud bertekad menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dengan memberikan Layanan Prima Data dan Produk-Produk Pendayagunaan Data Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsi, yang berorientasi mutu pada semua kegiatannya secara inovatif dan terkini.

Setiap sumber daya manusia Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan bertanggung jawab dan melaksanakan penyempurnaan mutu layanan data dan produk-produk pendayagunaan data pendidikan.